Wednesday 8 June 2016

REFLEKSI MATA

Hallo semuanya!


Kalian semua pasti menginginkan mata yang sehat kaaaan?
Tapi sering kali kita tidak menjaga mata kita dengan baik dan akhirnya mata kita mengalami kerusakan atau gangguan yang akhirnya mengganggu kegiatan kita sehari-hari.

Nah, di kesempatan kali ini kalian bisa mengetahui kesehatan mata kalian looooh!
Selamat mencoba yaa teman-teman :)


1. Tes Mata Miopi, Hipermetropi atau Presbiopi

Secara sederhana, tes ini merupakan cara untuk mengetes mata kalianapakah mempunyai rabun dekat atau rabun jauh atau keduanya


5 Tes Kesehatan Mata Umum (Minus, Buta Warna, Silinder, Plus)

Dari sini, bisa melihat performa mata anda. Bila huruf di kotak hijau menjadi blur, berarti anda bisa jadi mempunyai Miopia atau rabun jauh. Sebaliknya, bila huruf dikotak merah yang blur bisa jadi anda mempunyai Hiperopi atau rabun dekat. Bila keduanya, berarti mata anda sudah tua atau Presbiopi.

Tetapi ini hanya tes sederhana yaa:) Untuk lebih akurat, hubungi dokter atau periksa di optik:)


2. Tes Mata Minus

Mata dengan miopi atau rabun jauh bisa diidentifikasi dengan chart yang sudah ada rumusnya.  Nah, kalo gambar dibawah ini pasti kalian udah sering liat kan? Hehehe
5 Tes Kesehatan Mata Umum (Minus, Buta Warna, Silinder, Plus)

Cara yang pertama itu,  tempatkan mata anda di jarak 1,5 m bila layar komputer atau laptop anda kurang dari 20 inch. Sedangkan 2,2 m bila layar komputer anda sama atau lebih dari 20 inch. Tutup satu mata dan mulai lihat satu per satu huruf diatas.

Nah, kalau sudah mencapai ke huruf yang kecil tapi huruf tersebut terlihat buram atau samar-samar, bisa jadi kalian terkena Miopi atau rabun jauh. Untuk mengatahui seberapa tebal lensa cekung yang harus anda gunakan agar dapat melihat normal lagi, sebaiknya kalian pergi ke Dokter mata atau optik mata:)



3. Tes Buta Warna

Buta warna dibedakan menjadi beberapa jenis. Ada buta warna total atau Monokromasi, yakni hanya bisa melihat spektrum warna hitam, putih, abu-abu. Ada juga buta warna parsial, yakni Protanope: Kehilangan warna merah sampai hijau; Deutreranope: Kehilangan warna hijau (sulit membedakan hijau - kuning - merah) ; dan Tritanope: Kelemahan warna biru (sulit membedakan biru - kuning).

Nah, kesehatan mata sangat penting apalagi dalam membedakan warna. Oleh sebab itu tes buta warna menjadi penting bagi orang-orang yang ingin melamar kerja di tempat tertentu yang memerlukan kesehatan mata anda.
Dan berikut ini merupakan Tes Ishihara. Tes yang dikembangkan untuk mengetahui ada tidaknya indikasi buta warna buat anda.
Silahkan disimak :)
I.
5 Tes Kesehatan Mata Umum (Minus, Buta Warna, Silinder, Plus)

Bila mata agan normal, pasti melihat angka 75 disana. Protanope tidak bisa melihat apa-apa. Deuteranope bisa samar-samar melihatnya menjadi 15. Sedangkan Tritanope masih bisa melihatnya sebagai 75.


II.
5 Tes Kesehatan Mata Umum (Minus, Buta Warna, Silinder, Plus)

Dari gambar diatas, kita yang normal akan bisa melihatnya sebagai 5. Tetapi Tritanope justru melihat angka 2 disana. Sedangkan Protanope dan Deuteranope yang tidak terkecoh masih bisa melihatnya sebagai 5.


III.
5 Tes Kesehatan Mata Umum (Minus, Buta Warna, Silinder, Plus)

Dari gambar diatas, orang normal bisa membacanya sebagai 74. Sedangkan Protanope dan Deuteranope tidak bisa melihat apa-apa, hanya hijau tetapi bila bisa pun pasti terkecoh menjadi 21 atau 71. Sedangkan Tritanope masih bisa melihat dengan jelas.


IV.
5 Tes Kesehatan Mata Umum (Minus, Buta Warna, Silinder, Plus)
Sedangkan dari tes ini, orang normal bisa melihatnya sebagai 42. Protanope dan Deuteranope masih bisa melihatnya dengan 42 ataupun hanya salah satunya saja. Tetapi Tritanope tidak bisa melihat apa-apa.

Sumber gambar : http://ajaibbinladden.blogspot.co.id/2016/01/5-tes-kesehatan-mata-umum-minus-buta.html

No comments:

Post a Comment